Selamat Datang di Blog Banten Explorer

Saturday, August 10, 2013

Manfaat Buah Kurma pada saat kita berpuasa

Kalau bicara soal buah Kurma nggak ada kata bosen, kenapa nggak?? Karena buah kurma itu mempunyai banyak manfaat dan mempunyai sejarah atau cerita tersendiri bagi umat islam. Pada hari-hari biasa kita jarang sekali menemukan buah kurma dipasaran, selain kalau kita pergi ke pasar tanah abang. Ntah mengapa buah kurma nggak pernah ngebosenin buat mengkonsumsinya. Dalam nuansa ramadhan ini pasti kita udah nggak asing lagi sama yang namanya buah kurma. Buah yang berasal dari Negara arab ini sering menjadi pilihan pada saat berbuka puasa oleh kebanyakan orang muslim. Kurma mempunyai rasa yang sangat manis jadi nggak salah lagi kalau kurma menjadi menu wajib yang harus selalu ada pada saat berbuka puasa. Bagi umat islam makan buah kurma pada saat berbuka juga merupakan sunnah karena Rosulloh selalu makan kurma terlebih dahulu saat berbuka. Selain itu, buah kurma juga mempunyai banyak manfaat khususnya buat orang-orang yang sedang bepuasa. lalu sebenarnya apa manfaat kurma untuk buka puasa?




Buah kurma ini sangat mempunyai banyak ke istimewaan ( 1001 Manfaat Kurma ) dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia. Menurut sumber yang saya baca ternyata setiap 100gram biji kurma mengandung sekitar 34mg magnesium dan juga zat gizi niasin 2,2mg yang berfungsi membantu pelepasan energy dari makanan dan menjaga supaya pencernaan dalam tubuh tetap terjaga sedangkan zat niasin berfungsi mencegah dan melawan penyakit jantung. Bagi para penderita penyakit maag ternyata buah ini sangat bermanfaat dan sebaiknya anda mengkonsumsinya saat sahur dan berbuka puasa.
Secara garis besar dan pada umumnya manfaat dari buah kurma itu, akan kita bahas beberapa manfaat buah kurma terutama saat puasa.
1.    Buah kurma sebagai sumber energy. kurma mengandung glukosa yang sangat tinggi. maka kurma sangat cocok di konsumsi saat berbuka puasa sehingga bisa menggantikan kalori kita yang berkurangg sesudah puasa sehari penuh.
2.    Kurma juga berkhasiat menlancarkan metabolisme tubuh karena kandungan gula,lemak dan,vitaminnya sangat bermanfaat bagi kelancaran metabolisme. Dan juga cocok bagi para orang yang sedang diet,
3.    Dapat mencegah dan melawan penyakit jantung karena kurma mengandung zat niasin. Oleh karena itu kalau anda ingin mempunyai jantung yang sehat perbanyak mengkonsumsi kurma.
4.    Kurma juga ternyata bisa mengobati sakit perut, diare dan kanker perut.
5.    Tanpa kita ketahui, ternyata Kurma juga bisa di gunakan untuk menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan usus. Ini di sebabkan karena kurma mengandung zat nikotinat yang berfungsi mengontrol bakteri dalam usus.
6.    Dan ternyata kurmapun sangat ampuh di gunakan sebagai penawar alcohol,gosok dan rendam kurma selama satu malam.kemudian gunakan ramuan tersebut sebagai penawar alkohol.
Ternyata dari satu buah kurma yang tampilan dan ukuran buahnya nggak kalah dengan buah yang lainnya, banyak menyimpan khasiat dan manfaat khususnya buat yang berpuasa. Jagalah kesehatan tubuh anda saat sedang menjalankan ibadah puasa, dan pilihlah makanan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda.. Dengan mengkonsumsi makanan yang baik membuat tubuh kita menjadi sehat dengan tubuh yang sehat semoga puasa kita ditahun-tahun berikut nya menjadi lebih sempurna dengan manfaat  dan kelebihan dari buah Kurma amin ya robbal alamin semoga info ini bermanfaat terima kasih.

No comments:

Post a Comment