Selamat Datang di Blog Banten Explorer

Sunday, June 21, 2015

DESTINASI KE PULAU UNTUNG JAWA



Pulau Untung Jawa : Pulau yang cukup menarik untuk anda kunjungi bersama keluarga
Keberadaan pulau yang satu ini berada dalam deretan kepulauan Seribu yang berada diteluk jakarta,Ada dua cara untuk pergi ke pulau untung jawa anda bisa memulai perjalanan kalau dari Jakarta anda bisa berangkat dari Pantai Marina Ancol atau bisa juga anda menyebrang dari kota Tangerang dengan menumpang perahu getek dari pantai Tanjung Pasir yang berada diwilayah Kab Tangerang.

Ada banyak perahu Getek atau Perahu Bermotor yang bisa anda sewa  untuk menyebrang ke pulau Untung Jawa dengan tarif yang berpariasi mereka menawarkan mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 50.000 untuk sekali penyeberangan perorang.
Waktu yang ditempuh untuk menyeberang kepulau Untung Jawa kurang lebih satu jam perjalanan baik dari Tanjung pasir maupun dari Pantai Marina Ancol.




Setelah tiba didermaga pulau Untung Jawa anda akan disambut oleh para petugas dermaga wajib membayar restribusi pulau kira-kira Rp 6000 / Perorang,dana Restribusi digunakan sebagai kas pemda setempat sebagai perawatan dermaga kebersihan pulau dll.

Begitu pertama kali  menginjakkan kaki didermaga Pulau Untung Jawa dikala kita memandang kearah pulau sudah nampak pemandangan indah kampung nelayan dipulau ini rumah-rumah dengan aneka warna sudah banyak bangunan rumah terbuat dari dinding beton menandakan ekonomi masyarakat dipulau ini sudah cukup baik.

Amiterdam : Pada zaman pemerintah kolonial Belanda pulau Untung Jawa oleh kerajaan Belanda diberi nama sebagai Pulau Amiterdam sebagai salah satu pulau koloni belanda karena pada zaman dahulu pulau ini sebagai penghasil kopra (Kelapa kering bahan pembuat minyak sayur/kelapa) penghasil rumput laut dan penghasil ikan laut segar.

Untung Jawa : Setelah zaman kemerdekaan pulau Amiterdam oleh orang setempat diubah namanya menjadi Untung Jawa yang berarti Pulau keberuntungan orang-orang dari daratan pulau jawa.


Bakau atau Mangrove : Dipulau ini juga dibagian sisi utara pantai terdapat hutan Mangrove yang sangat indah yang mana diantara pohon-pohon Mangrovenya sudah dibuatkan jalan setapak yang terbuat dari jembatan kayu yang dibuat sepanjang hutan mangrove yang mana para pengunjung pulau dapat menikmati rindang dan indahnya hutan mangrove dipulau ini.

Losmen : Dipulau ini juga tersedia losmen atau kamar-kamar yang bisa anda sewa untuk menginap atau bermalam bersama keluarga dengan harga sewa yang relatif murah
Ada salah satu losmen yang cukup bagus Losmen atau penginapan Arwana memiliki 14 kamar dua diantaranya Homestay keluarga.
Jika ingin menginap silakan hubungi pengelola Telf : 0856-9338-9118 / 0858-1173-3111



Kuliner : Jangan khawatir kalau datang ke pulau ini nggak perlu bawa bekal banyak-banyak selain repot juga bawanya berat karena disini juga terdapat banyak warung-warung makan yang menjual aneka makanan dengan aneka hidangan laut atau seafood serta minuman kelapa muda, Suegeeer jika sehabis berkeliling pulau pasti badan penat haus dan lapar jika sudah minum kelapa muda jadi segar kembali.

Nyi Mas Melati : Dipulau untung Jawa juga terdapat sebuah makam seorang pejuang wanita asal Banten Nyi Mas Melati Putri Raden Kibal asal banten kira-kira pada tahun 1918 beliau ditangkap pemerintah kolonial dimasa itu dan diasingkan kepulau ini hingga wafat dan dimakamkan dipulau ini,Oleh masyarakat setempat makamnya dikeramatkan.




Disini juga terdapat berbagai macam arena permainan laut seperti Banana boat,perahu Angsa serta pelampung atau ban-ban yang bisa memberikan hiburan kepada putra-putri anda,Dimasa -masa liburan sekolah biasanya pulau ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun dari manca negara.

Inilah sekilas tentang pulau Untung Jawa yang tak kalah indah dan Elok jika dibandingkan dengan pantai atau pulau yang ada dinegeri tetangga dan merupakan salah satu pulau yang perlu anda kunjungi besama orang-orang yang anda cintai .

No comments:

Post a Comment