Selamat Datang di Blog Banten Explorer

Wednesday, March 18, 2015

RUMAH KAYU (Rumah Adat Palembang)


RUMAH KAYU : Jenis rumah seperti ini sebenarnya sudah ada sejak dahulu kala dimana Bangsa Melayu mulai menetap dibelahan Pulau Sumatra bagian selatan,Yang mana lebih dikenal dengan sebutan suku Palembang.

Rumah kayu merupakan khas asli suku Palembang sebenarnya rumah kayu asal dari Suku Palembang
tidak jauh berbeda dengan suku yang ada dibelahan Pulau Sumatra lainnya seperti Aceh,Sumatra Utara,Sumatra Barat,Suku melayu diProvinsi Riau dan juga Lampung atau Bengkulu mungkin ada sedikit perbedaan pada model dan bentuk atap asesoris dibagian tangga atau pernak-pernik diukiran dan model dari Jendela pagar atau teralis beranda selebihnya hampir-hampir mirip'




Rumah Kayu juga merupakan kebanggaan dari orang-orang suku setempat sebagai ukuran,
Karena keberadaan suatu rumah mulai dari ukuran dan Modelnya itu menggambarkan keberhasilan ekonomi dari sang pemilik rumah.
Sejak jaman dahulu kala suku diwilayah ini sudah terbiasa hidup bersama bergotong royong untuk mengerjakan apapun selalu dikerjakan bersama secara gotong royong nah biasanya semua kegiatan masyarakat setempat berawal dari pertemuan-pertemuan yang dilakukan dari rumah-rumah yang pantas dan nyaman untuk melakukan pertemuan atau perundingan.


Rumah Kayu jadi pilihan masyarakat setempat dikarenakan memang banyak terdapat bahan bakunya untuk membuat rumah kayu.

Didaerah ini banyak terdapat pohon-pohon besar yang berguna sebagai bahan baku untuk membuat papan atau balok-balok sebagai bahan pembuat rumah kayu.

Didaerah ini banyak tumbuh pohon-pohon kayu berukuran besar dan kualitas kayunya sangat bagus yang dihasilkan oleh hutan-hutan setempat dan sangat baik jika dijadikan bahan baku untuk membuat
rumah kayu

Adapun jenis-jenis pohon yang banyak tumbuh dihutan sumatra selatan seperti pohon kayu Meranti,Kolim,Merbau,Merawan,Kamper,Terembesi,Ngas dan masih banyak lagi jenis pohon kayu yang kayunya biasa dipakai untuk bahan baku membuat Rumah kayu.



Dari jaman dahulu cara pembuatan rumah kayu masih sama menggunakan Balok serta papan yang semuanya dihasilkan dari hutan-hutan setempat hanya saja pada saat ini teknologi sudah menjadi lebih baik sehingga pengerjaan rumah kayu menjadi lebih cepat karena sekarang pandai kayunya bekerja sudah menggunakan alat-alat bantu yang menggunakan listrik sehingga pengerjaan jadi lebih rapi dan lebih cepat.




Seiring perkembangan Jaman rumah kayu sudah mulai ditinggalkan jarang dibuat dikarenakan langkanya bahan baku untuk pembuatannya jika pun ada harganya juga sangat mahal sudah bebeda dengan jaman dahulu dikala bahan bakunya mudah didapatkan,
Saat ini warga setempat mulai menggunakan beton atau semen untuk membangun rumah.

Saat ini rumah kayu yang masih tetap dibuat untuk bisnis dibuat berdasarkan pesanan atau order dari para pemesan,hoby.atau pecinta seni.

Dikarenakan banyaknya pesanan atau order ini juga dimanfaatkan oleh pandai-pandai kayu setempat sebagai mata pencaharian mereka menggunakan keahlian bertukangnya untuk menghasilkan uang.

Saat ini permintaan cukup banyak.
Banyak orang-orang dari kota bahkan manca negara yang memesan minta dibuatkan rumah kayu untuk dibikin Vila peristirahatan dipinggir kota,Atau untuk Restoran,Cafe,Gazebo yang bernuansa kayu.










Rumah kayu diminati penduduk setempat selain disainnya Indah kuat rumah kayu juga cocok dengan kondisi iklim dan alam setempat.

Diwilayah palembang (Sumsel) ada istilah Air rawang (Banyu Rawang) atau Bahasa Indonesianya BANJIR BANDANG yang sudah jadi langganan tiap tahun hampir sepanjang masa,
Setiap pada musim hujan akan terjadi banjir bandang akan merendam wilayah ini dengan arus air yang cukup kuat sehingga mampu menghanyutkan rumah-rumah penduduk jika tidak dibuat dengan benar.
Untuk kondisi seperti ini rumah kayu sangat bisa diandalkan dan kokoh dan tak tergerus oleh arus.




                     INI CONTOH BANJIR LANGGANAN YANG SERING TERJADI



Rumah Kayu juga untuk diwilayah pedesaan setempat sangat cocok untuk keamanan dari ancaman Binatang buas seperti Harimau Beruang Ular dan lain-lainya yang mana dahulu binatang buas pada malam hari masih sering nyasar masuk kepemukiman masyarakat setempat.


Rumah Kayu juga sangat kuat dan tahan dari ancaman Gempa Bumi dengan tehnik yang sederhana dan sudah teruji ratusan tahun jarang hancur atau rusak dikarenakan adanya gempa bumi bahkan rumah yang terbuat dari kayu-kayu pilihan (super) sudah berumur ratusan tahun masih tetap berdiri kokoh hingga saat ini.

Kami menerima pesanan jika Anda berminat dengan Rumah Kayu ini, Kami membuat bebagai macam Model dan Ukuran serta Jenis kayu Standar dan Kayu pilihan yang mana harga nya juga
berbeda sesuai Ukuran dan Jenis kayu yang digunakan.


Pengerjaan dikerjakan oleh tenaga pandai-pandai kayu yang berpengalaman dan sudah biasa
mengerjakakan pembuatan Rumah kayu(Rumah Adat Suku Palembang) Pembuatan rumah kayu ini memakan waktu dua minggu hingga tiga bulan sesuai dengan ukuran dan Model jika modelnya agak rumit maka waktu pengerjaannya juga banyak memakan waktu.



Menjual dan menerima pemesanan rumah kayu.
Rumah kayu yang kami tawarkan adalah rumah kayu/panggung bongkar pasang (knock down), menjadi mudah pemindahan kelokasi pembeli.
Cocok untuk tempat tinggal, kost2an, perkebunan, mushollah, villa, bungalow dll.
Harga untuk ukuran
Type 48m2 6x8 = 72 jt 
Status rumah Inden.
Sistem pembayaran Dp 50%, 30% setelah rumah selesai di produksi dan mau di bawah ke lokasi pembeli, sisa 20% setelah rumah selesai finishing di lokasi pembeli.
Selain itu kami juga menawarkan model dan bentuk sesuai dengan design yang anda inginkan.
Spesifikasi :
1. Rangka/tulang menggunakan kayu seru (puspa)
2. Dinding menggunakan Kayu meranti merah
3. Lantai rumah menggunakan kayu seru (puspa)
4. Pintu dan jendela menggunakan kayu meranti
5. Renda pagar menggunakan kayu meranti
6. Kaca jendela bisa menggunakan warna bening/riben 7. Pet atap rumah keliling

Lama pengerjaan :
1. Waktu pengerjaan lebih kurang 3 bulan.
2. Wakru pemasangan 1 - 2 minggu
Harga blm termasuk ongkos pengiriman, genteng/ atap multiroof dan tiang cor.
Yang berminat langsung menghubungi
Ishak Juarsya  HP : 085711796048                
Alamat   :Jalan Merdeka no 159 Desa Tanjung Batu.Seberang kabupaten.Ogan Komring ilir Palembang Sumsel.
Siap melayani pengiriman ke seluruh wilayah indonesia bahkan ke Luar negeri






Berminat silakan hubungi :Ishak J  085711796048





Ini contoh Rumah Kayu yang sudah berusia cukup lama puluhan tahun bahkan ratusan
tahun masih tetap kokoh berdiri tak lapuk dimakan zaman




Ini juga salah satu Rumah Kayu yang usia nya sudah cukup tua tapi masih tetap Kokoh





No comments:

Post a Comment